Jumat, 31 Mei 2013

Perkedel Tahu Kacang Merah

Assalamualaykum


Untuk lauk hari ini saya bikin perkedel tahu. Biasanya pekedel tahu gini isinya cuma tahu melulu.
Paling banter diberi irisan daun bawang. Suatu saat saya dapat resep ini dari Pak Wied Harry. Setelah dibaca asik juga nih resepnya. Tahu diberi varian kacang merah dan nggak pake telur lagi. Insya Allah lebih sehat (Pak Wied gitu lho). Sebagai perekat digunakan tepung Mocaf (Modified Cassava Flour). Tapi karena nggak punya saya ganti aja pake tapioka. Aslinya sih pake cabe yang diuleg halus dengan bumbu lain. Tapi saya skip aja cabenya. Gimana rasanya ? Enaks dong layaknya gorengan lainnya....

Bahan :
350 gr tahu putih
200 gr kacang merah, rendam semalam sampai empuk
1-2 sdm tepung mocaf (saya pake tapioka/aci/kanji)
1 batang daun bawang, iris halus
1/2-1 sdt garam halus
Minyak goreng

Bumbu halus :
2 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 cabe keriting/sesuai selera (saya nggak pake)
2 cm kunyit
2 butir kemiri

Cara membuat :
1. Haluskan tahu kemudian bungkus dengan serbet, peras sampai airnya habis, sisihkan. Uleg kasar kacang merah.
2. Dalam sebuah wadah besar campur tahu halus, kacang merah, tapioka, daun bawang, garam dan bumbu halus. Aduk sampai rata. Cek rasanya. Bentuk bulat-bulat pipih seperti perkedel.
3. Panaskan minyak goreng, goreng perkedel tahu menggunakan api sedang sampai kuning kecoklatan. Cukup dibalik sekali kemudian angkat dan tiriskan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar