Rabu, 15 Mei 2013

Cara Membuat Cenil Tiga Warna Kenyal dan Legit


Cara Membuat Cenil Tiga Warna Kenyal dan Legit

Cenil merupakan makanan kecil, cemilan, jajanan pasar tradisional yang terbuat dari tepung kanji yang teksturnya kenyal-kenyal gimana gitu. Dan jika membahas mengenai cenil ini pikiran langsung terbang kembali ke masa kecil dulu saat cenil menjadi pesanan wajib saat ibu ke pasar. Dulu karena sekolah dekat rumah jika sudah jam istirahat biasanya pulang dulu ke rumah dan menikmati makanan kecil ini yang di beli ibu di pasar. Setelah membuka bungkusnya yang biasanya menggunakan daun pisang yang disemat lidi, maka akan terlihat cenil dengan warna merah dan putih, dengan taburan gula pasir dan parutan kelapa. cara memakannya ala saya dulu adalah lidi yang dipakai untuk menyemat bungkus digunakan untuk menusuk cenil, lalu cicocolkan ke parutan kelapa dan gula agar menempel pada cenil baru kemudian di sikat sampai habis. Ada sensasi tersendiri dalam mengunyah cenil kenyal dan legitnya cenil itu yang bikin ketagihan.

Namun sekarang sudah sangat lama sekali tidak menikmati cenil yang ngangenin itu saat menuliskan resep ini jadi kangen kembali, masih ada ga ya yang jualan cenil di pasar dekat rumah. Dan kali ini untuk mengobati rasa kangen terhadap cemilan yang menggemaskan satu ini akan saya bagikan resep cenil yang special untuk anda semua. Sekiranya sudah sangat jarang yang melestarikan cenil siapa lagi kalau bukan kita yang meneruskan. Ok tanpa lama lagi silahkan anda simak resepnya di Cara Membuat Cenil Tiga Warna Kenyal dan Legit yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 500 gram tepung kanji
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 ml air daun pandan
  • 1 tetes pewarna merah
  • 1 tetes pewarna kuning
  • 1 tetes pewarna hijau
  • 1/4 sendok teh esens strawberry (sesuaikan selera)
  • 1/4 sendok teh esens pandan (sesuaikan selera)
  • 1/4 sendok teh esens durian (sesuaikan selera)

Bahan Taburan :
  • 1/2 butir kelapa muda, diparut memanjang/sesuai selera
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sdm gula pasir

Cara Membuat Cenil Tiga Warna Kenyal dan Legit :
  1. Campurkan tepung kanji bersama garam serta 100 ml air daun pandan, aduk-aduk hingga rata. Masaklah campuran tersebut hingga mendidih dan mengental, selanjutnya angkat. Masukkan sisa tepung kanji sedikit demi sedikit, aduk-aduk hingga kalis, dan diamlkan hingga adonan memjadi dingin.
  2. Bagilah adonan yang sudah dibuat tadi menjadi tiga bagian sama banyak, berilah masing-masing bagian adonan dengan pewarna makanan hijau, kuning dan merah. Uleni masing-masing adonan tersebut hingga kalis, lalu buatlah bentuk bulat-bulat dari masing-masing adonan.
  3. Masaklah 100 ml air daun pandan hingga mendidih, lalu masukkan bulatan bulatan adonan cenil yang sudah dibuat tadi, masaklah hingga adonan-adonan bulat cenil mengambang. Angkatlah cenil-cenil yang sudah mengambang dan tiriskan.
  4. Membuat bahan taburan : Kukuslah parutan kelapa, lalu angkat jika disa sudah cukup, lalu campurkanlah dengan garam. Selanjutnya cenil yang sudah tiris diguling-gulingkan kedalam campuran parutan kelapa yang sudah dikukus hingga merata. Sajikan Cenil dengan ditaburi menggunakan gula pasir.

Gampang sekali bukan cara membuatnya, sekalian anda belajar dan ikut melestarikan jajanan nusantara. Selamat mencoba dan berkreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar