Minggu, 26 Mei 2013

Cara Membuat Geplak Istimewa Manis Khas Bantul

Cara Membuat Geplak Istimewa Manis Khas Bantul

Geplak merupakan makanan tradisional yang sangat terkenal dengan rasa yang sangat manis. Merupakan makanan tradisional yang berasal dari Bantul, Yogyakarta. Makanan ini biasanya berbentuk bulat dengan warna-warna menarik seperti merah muda, hijau, putih maupun coklat. Karena rasanya yang memang manis kue tradisional ini sudah sangat terkenal sehingga sampai saat ini kue manis dan imut ini sudah diusahakan di luar kota Bantul.

Makanan ini biasa dijadikan oleh-oleh khas jika anda berkunjung ke kota istimewa Yogyakarta, makanan ini awet berhari-hari sehingga bagi anda yang ingin membawa oleh-oleh khas kota Jogja ini tidak perlu khawatir oleh-oleh nya busuk jika dibawa ke luar kota. Meskipun ada makanan sejenis yang diklaim berasal dari Betawi namun bahannya ternyata berbeda. Namun apapun perbedaan yang ada namun hal itu justru makin memperkaya kekayaan kuliner yang ada di Nusantara ini.

Cara membuat serta bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan disekitar rumah anda membuat anda tidak usah jauh-jauh mendapatkan jajanan tradisioanl ini. Jika anda tidaksempat datang jauh-jauh ke Jogja untuk sekedar menikmati kue oleh-oleh ini, jangan khawatir anda bisa dengan mudah koq membuat sendiri di rumah. Nah untuk mengobati rasa penasaran anda terhadap si manis ini, saya akan membagikan resep nya untuk anda semua pecinta kuliner nusantara. Segera saja anda simak resep special nya di Cara Membuat Geplak Istimewa Manis Khas Bantul yang berukut ini.

Bahan-bahan :
  • 750 gram tepung beras
  • 500 gram gula pasir
  • 250 ml air
  • 1 butir kelapa diparut memanjang
  • Garam halus secukupnya

Cara Membuat :
  1. Sangrai tepung beras hingga kering, lalu tambahkan kelapa parut dan tepung beras. Aduk-aduk hingga rata lalu sisihkan
  2. Masaklah gula bersama air hingga mendidih lalu angkat. Masukkan campuran kelapa, aduk-aduk dengan cepat hingga adonan menjadi kental, lalu angkat. Cetak adonan atau bentuk lah bulat-bulat seperti bentuk aslinya, untuk bentuk sesuaikan saja dengan keinginan anda masing-masing, biarkan hingga dingin dan mengeras.

Selesai sudah cara membuat kue geplak special untuk anda dan keluarga. Selamat mencoba dan berkreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar