Minggu, 11 November 2012

MARTABAK BROWNIES

Assalamualaykum




Untuk entri di hari Senin ini saya mau posting Martabak Brownies yang saya bikin kemarin. Lama juga nggak bikin martabak manis.
Mumpung kemarin hujan deras saya bikin aja tuh si martabak. Kebetulan semua bahan tersedia di rumah. Resep ini saya contek dari tabloid Koki yang saya modif dikit. Saya bikin martabak ini menggunakan wajan teflon karena nggak punya cetakan khusus martabak manis. Supaya bisa berserat, adonan dibantu menggunakan ragi instan. Adonan ini sederhana saja tapi yang perlu diperhatikan supaya bisa keluar seratnya adalah ketika memanggang di atas wajan. Wajan harus cukup panas ketika dituang ke atas wajan, Jika tidak panas dijamin nggak akan keluar seratnya.

Martabak Brownies ini sebenarnya sama dengan martabak manis. Hanya penambahan Dark Cooking Coklat aja yang membuatnya dinamakan Martabak Brownies. hasilnya, hmmm...nyoklat.





Bahan :
250 gr tepung terigu serbaguna
1 sdm coklat bubuk
1/2 sdt bakingpowder
1/2 sdm ragi instan
400 ml susu cair hangat
50 gr margarin
50 gr dark cookong coklat (DCC), cincang kecil-kecil
2 butir telur ayam
3 sdm gula pasir
1,5 sdt soda kue

Taburan : gula pasir
Isian :
margarin
susu kental manis
keju parut
meises

Cara membuat :
1. Ayak jadi satu terigu, coklat bubuk dan baking powder, sisihkan.
2. Campur susu dan ragi instan sampai rata, sisihkan.
3. Lelehkan margarin dan dark cooking coklat dengan cara ditim.
4. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Masukkan campuran susu+ragi bergantian dengan campuran tepung. Kocok dengan speed rendah sampai rata. Terakhir masukkan campuran margarin+DCC. Diamkan di tempat hangat selama 30 menit sampai mengembang.
5. Campur 1/2 sdt soda kue dan sedikit air, aduk rata. Tuangi dengan +- 275 ml adonan martabak. sisihkan.
6. Panaskan wajan teflon ukuran 22 cm menggunakan api sedang. Tuangkan adonan martabak+soda kue tadi. kecilkan apinya seketika supaya tidak gosong. Masak menggunakan api kecil. Biarkan permukaan martabak berlubang-lubang. taburi gula pasir.
7. Setelah lubang/pori yang terbentuk tinggal sedikit, tutup wajan supaya permukaan martabak mengering.Angkat martabak dari wajan.
8. Selagi panas olesi dengan margarin, susu kental manis, keju parut dan meises. Potong menjadi 2 bagian yang sama kemudian dilipat. Potong-potong martabak brownies kemudian sajikan.

Hasil : 3 loyang martabak brownies




Tidak ada komentar:

Posting Komentar