Selasa, 18 Desember 2012

ROLADE TAHU DAN DAUN SINGKONG

Assalamualaykum



Sengaja saya membuat cemilan ini karena ingin nostalgia di saat saya tinggal di Bawen, Ungaran Kab Semarang. Untuk pertama kalinya saya makan gorengan dengan nama rolade.
Rolade ini dibuat dari daun singkong rebus yang diiris dan dicampur dengan tahu halus, diberi bumbu kemudian dibentuk bulat, dicelupkan dalam adonan tepung dan digoreng. Sempat heran ada gorengan seperti ini. Buat saya cukup unik gitu. Karena setahu saya yang namanya rolade adalah adonan ayam yang dibentuk memanjang kemudian dikukus dan digoreng. Rollade ayam untuk sup maksudnya. Tapi ketika mencicipinya ternyata enak. Dan akhirnya, cemilan ini biasa saya bikin ketika saya menginginkannya. Saya jadi berpikir mungkin ini rolade versi praktisnya ya. Murah meriah lagi...

Kunci utama supaya hasilnya enak adalah jangan pelit bumbu !! Daun singkong dan tahu yang rasanya hambar (anyep) harus diberi bumbu yang kuat untuk menghasilkan rolade yang enak. Jika saya membeli rolade dulu, bumbu penyedapnya amat sangat berasa. Tapi jika bikin sendiri, bumbu ini bisa dikontrol. Bumbu yang digunakan juga sangat sederhana. Hanya ketumbar, bawang putih, kemiri dan garam. Supaya warnanya cantik diberi kunyit juga. Untuk membuat adonan tepung jangan terlalu encer ya karena adonan ini digunakan untuk membalut adonan daun singkong. Jika terlalu encer, tahu dan daun singkong akan berhamburan ketika digoreng.



Bahan :
300 gr tahu putih
1 ikat daun singkong, direbus sampai empuk
200 gr tepung terigu
300-350 ml air

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar
7 siung bawang putih
5 butir kemiri
3 cm kunyit
garam secukupnya

Cara membuat :
1. Bungkus tahu dengan serbet bersih, beri pemberat supaya tiris airnya. Haluskan tahu, sisihkan.  Peras daun singkong rebus sampai habis airnya (setelah diperas kira-kira beratnya 250 gr )
2. Iris-iris halus daun singkong kemudian campur dengan tahu halus. Beri 2/3 bumbu halus, aduk rata. Cek rasanya. Jika suka beri bumbu penyedap/vitsin secukupnya.
3. Ambil adonan daun singkong sebanyak +- 1 sdm, bentuk bulat sambil dikepal-kepal supaya padat. Lakukan terus sampai habis. Sisihkan.
4. Dalam wadah yang lain campur terigu dan sisa bumbu halus, tuangi air sampai rata dan kental seperti adonan tempe mendoan ya. Cek rasanya.
5. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak. Celupkan bola-bola singkong ke dalam adonan terigu sampai terbalut rata. Goreng dalam minyak dengan api sedang sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama cabe rawit.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar