Senin, 03 Juni 2013

Cara Membuat Kering Kentang Bumbu Ebi Nikmat dan Gurih

Cara Membuat Kering Kentang Bumbu Ebi Nikmat dan Gurih

Kering kentang merupakan alternatif lain yang bisa anda buat untuk menjadi lauk menemani nasi di meja makan, atau menjadi sebuah cemilan yang cocok sebagai teman nonton TV. Memang sedikit agak membingungkan, sebagai lauk pauk makan kering kentang ini sangat cocok kerena rasa nikmat dan gurih. Sebagai teman nonton TV dan sebagai cemilan nonton TV bersahabat dengan segelas teh panas pun sangat cocok. Itulah keunikan kering kentang ini, sama seperti kering tempe yang lebih cenderung sebagai lauk menemani nasi dibanding sebagai cemilan, meskipun sebenarnya juga bisa.

Kering kentang ini lebih baik menggunakan kentang tes atau kentang mentega karena kentang jenis ini menghasilkan kering yang lebih gurih dan mantap. Cara membuatnya serta bahan-bahan yang digunakan tidak lah terlalu sulit, semua bahan hampir sudah familiar di dalam kulkas anda. Bumbu-bumbu juga bumbu yang biasa anda gunkan sebagai bumbu masak seperti biasa.

Lalu bagaimana cara membuatnya sabar, sebentar lagi menu multifungsi bernama kering kentang ini akan saya bagikan untuk anda dalam bentuk resep special. Sebagai makanan multifungsi jika anda serius dengan makanan ini bisa menjadi alternatif usaha anda di rumah dengan syarat anda mau berkreasi lagi dengan hasil yang anda buat. Karena masing-masing mempunyai citarasa yang berbeda. Nah untuk itu segera saja saya bagikan resep nya di Cara Membuat Kering Kentang Bumbu Ebi Nikmat dan Gurih yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 500 gram kentang tes atau kentang mentega
  • 1 sendok teh kapur sirih, endapkan dan ambil begian yang bening
  • MInyak goreng secukupnya untuk menumis
  • 3 sendok bawang merah dan bawang putih goreng

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :
  • 15 buah cabai merah keriting
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 sendok makan ebi (seduklah dengan air panas hingga ebi mengembang, tiriskan)
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh cuka dapur

Cara Membuat Kering Kentang Bumbu Ebi Nikmat dan Gurih :
  1. Kupaslah kentang lalu potong-potong dengan ukuran sebeasr batang korek api. Cucilah potongan kentang tersebut lalu rendamlah kedalam air yang di campur dengan air kapur sirih. Angkat dan tiriskan hingga benar-benar kering, lalu tarus diatas tissue dapur agar sisa air terserap.
  2. Gorenglah kentang  ke dalam minyak yang panas dan banyak hingga kentang berwarna kuning kecoklatan. Setelah di rasa cukup segera angkat dan tiriskan hingga minyak kering.
  3. PAnaskan 3 sendok makan minyak goreng, lalu tumislah bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan hingga matang dan beraroma harum. Tambahkan cuka masak lalu aduk-aduk bumbu hingga bumbu mengering. Masukkan kentang goreng kedalam campuran bumbu lalu tambahkan bawang merah goreng, aduk-aduk kembali hingga bumbu dan kentang tercampur rata. Lalu angkatlah.

Nah gampang sekali kan cara membuatnya, sebuah makanan mulifungsi bisa anda nikmati kapan saja dan dimana saja. Selamat mencoba dan berkreasi.

Note : Kering kentang bumbu ebi ini bisa tahan disimpan setelah dingin selama 2 minggu didalam toples tertutup rapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar